Jumat, 31 Agustus 2012

Membuat jaringan Anda lebih aman



Jika Anda mendirikan jaringan kantor rumah atau kecil, berikut adalah beberapa praktik terbaik yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan keamanan komputer Anda dan jaringan Anda.

Keamanan Umum jaringan
Berikut ini adalah pedoman keamanan umum untuk semua jaringan untuk rumah dan jaringan kantor kecil.

Tetap up to date-kan computer anda (Automatic Update)
Untuk membantu menjaga komputer Anda di jaringan lebih aman, mengaktifkan Update otomatis pada setiap komputer. Windows secara otomatis dapat meng-update keamanannya. Update sangat penting dan memberikan manfaat yang signifikan, seperti peningkatan keamanan dan kehandalan. Update dapat mengatasi  masalah non-critical dan membantu meningkatkan pengalaman komputasi Anda. Update opsional tidak di-download atau diinstal secara otomatis.

Gunakan firewall
Firewall dapat membantu mencegah hacker atau perangkat lunak berbahaya (seperti worm) dari mendapatkan akses ke komputer Anda melalui jaringan atau Internet. Firewall juga dapat membantu menghentikan komputer Anda dari mengirimkan perangkat lunak berbahaya ke komputer lain.


Jalankan perangkat lunak antivirus pada setiap komputer
Firewall membantu menjaga worm dan hacker, tetapi tidak dirancang untuk melindungi dari virus, sehingga Anda harus menginstal dan menggunakan perangkat lunak antivirus. Virus dapat berasal dari lampiran dalam e-mail, file pada CD atau DVD, atau file download dari Internet. Pastikan bahwa perangkat lunak antivirus yang up to date dan diatur untuk meng-scan komputer Anda secara berkala.

Gunakan router untuk berbagi koneksi Internet
Pertimbangkan untuk menggunakan router untuk berbagi koneksi Internet. Perangkat ini biasanya memiliki built-in firewall, network address translation (NAT), dan fitur lainnya yang dapat membantu menjaga jaringan Anda lebih terlindungi terhadap hacker.

Jangan terus login sebagai administrator
Bila Anda menggunakan program yang membutuhkan akses internet, seperti web browser atau program e-mail, kami sarankan Anda login sebagai account pengguna standar daripada akun administrator. Itu karena banyak virus dan worm tidak dapat disimpan dan dijalankan pada komputer Anda kecuali Anda login sebagai administrator.


Gunakan password untuk keamanan jaringan
Jika Anda memiliki jaringan nirkabel, Anda harus menyiapkan password keamanan jaringan, yang ter-enkripsi. Dengan enkripsi, orang tidak dapat terhubung ke jaringan Anda tanpa kunci keamanan. Selain itu, setiap informasi yang dikirim melalui jaringan Anda dienkripsi sehingga komputer hanya yang memiliki kunci untuk mendekripsi informasi dan dapat membacanya. Hal ini dapat membantu mencegah upaya untuk mengakses jaringan Anda dan file tanpa seizin Anda. Wi-Fi Protected Access (WPA atau WPA2) adalah jaringan nirkabel metode enkripsi yang disarankan.

Catatan
Kami sarankan untuk menggunakan WPA2, jika memungkinkan. Kami tidak menyarankan menggunakan WEP untuk keamanan jaringan. WPA atau WPA2 yang lebih aman. Jika Anda mencoba WPA atau WPA2 dan mereka tidak bekerja, kami menyarankan Anda meng-upgrade card jaringan Anda ke salah satu yang sesuai dengan WPA atau WPA2.

Mengubah nama default administrator dan password pada router atau titik akses
Jika Anda memiliki titik akses atau router, Anda mungkin menggunakan nama dan password default untuk menyiapkan peralatan. Kebanyakan produsen menggunakan nama standar yang sama dan password untuk semua peralatan mereka, yang seseorang bisa digunakan untuk mengakses router atau titik akses tanpa sepengetahuan Anda. Untuk menghindari risiko tersebut, mengubah administrator default nama pengguna dan password untuk router Anda. Periksa informasi yang menyertai perangkat Anda untuk petunjuk tentang cara mengubah nama dan password.

Mengubah default SSID
Router dan jalur akses menggunakan nama jaringan nirkabel yang dikenal sebagai service set identifier (SSID). Kebanyakan produsen menggunakan SSID yang sama untuk semua router dan jalur akses. Kami menyarankan Anda mengubah default SSID untuk menjaga jaringan nirkabel Anda dari tumpang tindih dengan jaringan nirkabel lainnya yang mungkin menggunakan default SSID. Itu membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi jaringan nirkabel Anda, jika ada lebih dari satu di dekatnya, karena SSID biasanya ditampilkan dalam daftar jaringan yang tersedia. Periksa informasi yang menyertai perangkat Anda untuk petunjuk tentang cara mengubah default SSID.

Posisikan router atau titik akses dengan hati-hati
Sinyal nirkabel dapat mengirimkan beberapa ratus meter, sehingga sinyal dari jaringan Anda bisa disiarkan di luar rumah Anda. Anda dapat membatasi area sinyal nirkabel Anda dengan posisi router atau titik akses dekat dengan pusat rumah Anda daripada dekat dengan dinding luar atau jendela.

2 komentar: