Sabtu, 30 Juni 2012

Seting Jaringan Wireless Win7


Setting up a wireless network
Router Wireless
Sebuah Router mengirimkan informasi antara jaringan dan Internet. Dengan router nirkabel, Kita dapat menghubungkan komputer ke jaringan Kita menggunakan sinyal radio (WiFi), bukan kabel. Ada beberapa jenis teknologi jaringan nirkabel, termasuk 802.11a, 802.11b dan 802.11g.  Kami merekomendasikan menggunakan router yang mendukung 802.11g karena cepat dan memberikan sinyal nirkabel kuat.


Adapter Jaringan nirkabel (WiFi Card)
Sebuah adaptor jaringan merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer Kita ke jaringan, yang menghubungkan laptop atau komputer desktop untuk jaringan nirkabel Kita, komputer harus memiliki adaptor jaringan nirkabel. Kebanyakan laptop ataupun komputer desktop sudah terpasang adaptor jaringan nirkabel dari pembuatnya.
Untuk memeriksa apakah komputer Kita memiliki adaptor jaringan nirkabel, ikuti langkah berikut:
1.      Klik untuk membuka Device Manager. Jika Kita ingin ada password isikan kolom password lalu konfirmasi.
2.      Double-klik Network adapter.
3.      Mencari adapter jaringan yang mencakup "nirkabel" dalam nama.
4.      Device Manager menampilkan adaptor jaringan nirkabel

Jika komputer Kita belum memiliki adaptor jaringan nirkabel, Kita dapat membelinya dari toko komputer atau elektronik dan menginstalnya sendiri. Adaptor nirkabel type USB adalah pilihan yang bagus karena ukurannya kecil, mudah untuk diinstal, dan dapat dipindahkan ke komputer yang berbeda. Pastikan Kita membeli jenis yang sama dengan adapter router nirkabel Kita. Jenis adapter biasanya dapat kita lihat di kotak perangkat yang kita beli.

Menyiapkan koneksi modem dan Internet
Setelah semua peralatan ada, Kita perlu mengatur modem Kita untuk koneksi internet. Jika modem Kita belum diatur dari penyedia layanan Internet (ISP), ikuti petunjuk yang ada pada modem yang Kita beli untuk menghubungkannya ke internet. Jika Kita menggunakan Digital Subscriber Line (DSL), sambungkan modem ke jack telepon.

Penempatan router nirkabel
Tempatkan router nirkabel Kita di suatu tempat di mana ia akan menerima sinyal terkuat dengan paling sedikit gangguan.
Untuk hasil terbaik, ikuti tips ini:
·         Posisikan wireless router di tengah-tengah area yang akan kita jangakau.
·         Jangan letakan wireless router di lantai dan jauh dari dinding dan benda-benda logam, seperti lemari arsip logam.
·         Letakkan di tempat terbuka antara komputer dan sinyal router, semakin besar kemungkinan kita akan mendapatkan kekuatan sinyal penuh dari router.

Mengurangi gangguan.
Peralatan jaringan 802.11g menggunakan 2,4 gigahertz (GHz) frekuensi radio. Ini adalah frekuensi yang sama seperti microwave dan telepon cordless kebanyakan. Jika kita mengaktifkan microwave atau mendapatkan panggilan telepon tanpa kabel, sinyal nirkabel kita mungkin sementara akan terganggu. Kita dapat menghindari masalah ini dengan menggunakan telepon tanpa kabel dengan frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5,8 GHz.

Mengamankan jaringan nirkabel Kita
Keamanan sangat penting; dengan jaringan nirkabel, itu bahkan lebih penting karena sinyal jaringan kita dapat menembus batas-batas rumah kita. Jika kita tidak mengamankan jaringan kita, orang lain mungkin dapat mengakses informasi yang tersimpan pada komputer jaringan kita dan menggunakan koneksi Internet Kita untuk mendapatkan ke web. Untuk membantu mengamankan jaringan Kita, lakukan hal berikut:

·         Melindungi router Kita dengan mengubah nama default user dan password. Produsen router yang paling memiliki nama default user dan password pada router serta nama jaringan default. Seseorang bisa menggunakan informasi ini untuk mengakses router Kita tanpa Kita menyadarinya. Untuk menghindari risiko itu, ubah nama default user dan password router Kita.
·         Baca panduan yang disertakan saat pembelian perangkat sebagai petunjuk.

Mengatur keamanan untuk jaringan Kita, Sama seperti lemari arsip memiliki kunci brankas dan memiliki kombinasi, jaringan nirkabel memiliki kunci keamanan jaringan untuk membantu melindungi dari akses yang tidak sah. Untuk mengatur kunci keamanan jaringan,
ikuti langkah berikut:

1.      Klik untuk membuka Network and Sharing Center.

2.      Klik Membuat sambungan baru (Set up a new connection or network)

3.      Klik Set up a new network, dan kemudian klik Next.


Wizard akan memandu Kita, ketik untuk nama jaringan dan password keamanan. Default ke Wi-Fi Protected Access (WPA atau WPA2). Disarakan menggunakan WPA2, jika mungkin, karena keamanannya yang lebih baik daripada WPA atau Wired Privasi keamanan (WEP). Dengan WPA2 atau WPA Kita juga dapat menggunakan passphrase, sehingga Kita tidak perlu mengingat urutan huruf dan angka.
Gunakan firewall.
Firewall adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat membantu melindungi komputer Kita dari hacker atau perangkat lunak berbahaya. Menjalankan firewall pada setiap komputer pada jaringan Kita dapat membantu mengontrol penyebaran perangkat lunak berbahaya pada jaringan Kita, serta membantu untuk melindungi komputer Kita ketika Kita mengakses Internet. Windows Firewall disertakan dengan dalam setiap versi Windows.

Menambah User ke jaringan Kita
Untuk menghubungkan laptop atau komputer desktop ke jaringan nirkabel Kita, ikuti langkah berikut:

1.      Klik Open Connect to a Network.

2.      Dalam daftar jaringan, klik jaringan yang ingin Kita hubungi, dan kemudian klik Connect.
3.      Masukkan kunci keamanan. Kita dapat mengetikkan kunci atau memasukkan USB flash drive yang berisi kunci keamanan ke port USB pada komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar