Jumat, 30 Maret 2012

Tips Meningkatkan Koneksi Jaringan Nirkabel


Tips Meningkatkan Koneksi Jaringan Nirkabel/Wirelles

1: Firmware Upgrade
Produsen router mempublikasikan update firmware secara teratur dan upgrade router Kita ini dapat memberikan peningkatan kinerja dan akses ke fitur yang baru. Alternatif lain adalah dengan menginstal firmware pihak ketiga.
Beberapa Sofware ini yang tersedia gratis di internet, alternatif yang aman yang mungkin kompatibel dengan router Kita. Salah satunya, DD-WRT, menawarkan lebih banyak fitur dari banyak paket firmware resmi lainnya.
Kita dapat meningkatkan setiap bit konektivitas jaringan kita sendiri.


2: Penambahan Booster Antenna

Membuat reflektor antena buatan sendiri untuk meningkatkan sinyal nirkabel kita. Untuk  mengetahui cara membuat reflektor antena sendiri banyak terdapat di situs di internet yang menggunakan bahan biasa seperti foil dan kardus. Desain umumnya berbentuk satelit parabola. Ini juga dapat meningkatkan jangkauan dan mengarahkan sinyal, meskipun kualitas buatan sendiri akan sulit memprediksi hasilnya.


3: Tambahan Repeater



Menambah repeater nirkabel adalah cara mudah dan aman untuk meningkatkan sinyal. Cara kerja repeater sangat mirip router, tapi bukan menciptakan sinyal, tapi relay sinyal yang ada. Repeater mudah untuk diinstal dan tidak memerlukan kabel tambahan atau koneksi. Repeater multipel memudahkan kita untuk membuat jaringan rumah atau bisnis dengan konektivitas yang lengkap.

4: Ganti Antena Anda
Antena standar dari kebanyakan router adalah antena kecil dengan kemampuan omni-directional. Antena ini menyiarkan sinyal ke segala arah, yang dapat berguna jika Anda perlu nirkabel di seluruh rumah Anda, tapi jangkauan yang cukup singkat. Sebuah antena directional dapat meningkatkan jangkauan dengan memfokuskan sinyal dengan cara tertentu, yang memungkinkan kita untuk mengarahkannya ke mana pun dibutuhkan. Antena ini sering disebut "high gain" dan peningkatan sinyal diukur dalam desibel (dB).

5 Penempatan Router
Sinyal nirkabel jangkauannya tidak begitu jauh dan dinding atau benda padat lainnya dapat menyebabkan gangguan penerimaan sinyal. Untuk alasan ini, router nirkabel harus terletak di pusat atau tengah-tengah area jaringan kita. Tempatkan router pada permukaan datar dan jauh dari penghalang. Selain itu, mungkin ada gangguan dari sinyal nirkabel lain. Pastikan bahwa kita menggunakan saluran nirkabel yang unik untuk membatasi gangguan.


referensi:http://computer.howstuffworks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar