Minggu, 25 Maret 2012

Tentang Kegunaan Hostednetwork pada Windows 7 Serta contoh penggunaannya

Kegunaan Hostednetwork pada Windows 7
Serta contoh penggunaannya

Pada Windows 7 Hostednetwork adalah fitur WLAN baru dengan Layanan jaringan nirkabel. Fitur ini mengimplementasikan dua fungsi utama:


1.    Virtualisasi dari adaptor nirkabel fisik menjadi lebih dari satu adaptor nirkabel virtual yang kadang-kadang disebut sebagai virtual Wi-Fi.
           
2.     Sebuah perangkat lunak berbasis akses point nirkabel (Access Point) kadang-kadang disebut sebagai SoftAP yang menggunakan virtual adaptor nirkabel.

Kedua fungsi bejalan berdampingan dalam sistem Windows bersama-sama. Mengaktifkan atau menonaktifkan wireless hostednetwork, mengaktifkan atau menonaktifkan baik virtual Wi-Fi maupun SoftAP.


Dengan fitur ini, komputer Windows dapat menggunakan adaptor wireless fisik saja untuk menghubungkan sebagai klien sebagai jalur akses perangkat keras (Access Point), sementara pada saat yang bersamaan bertindak sebagai AP perangkat lunak yang memungkinkan perangkat nirkabel lainnya untuk terhubung ke sana juga. Fitur ini mensyaratkan bahwa adaptor wireless Hostednetwork mampu diinstal di komputer lokal. Driver untuk adaptor wireless harus mengimplementasikan model driver perangkat LAN wireless agar didefinisikan oleh Microsoft untuk digunakan pada Windows 7. Driver wireless harus menjalankan fitur wireless Hostednetwork.
Paling banyak satu wireless Hostednetwork diaktifkan pada komputer lokal dan hanya satu adaptor nirkabel yang akan digunakan oleh wireless Hostednetwork. Jika ada lebih dari satu Adaptor wireless Hostednetwork, Windows akan memilih satu adaptor untuk digunakan sebagai wireless Hostednetwork (virtual Wifi). Hostednetwork mampu membuat virtual Wifi untuk paling banyak 3 adapter logis:
1.      A station adapter (STA) digunakan sebagai klien atau ad hoc aplikasi wireless. Adaptor STA mewakili semua pengaturan dari adaptor wireless asli (fisik) dan menunjukkan perilaku yang sama dengan adaptor fisik tersebut. Secara konseptual, kita dapat melihat adaptor STA sebagai identik dengan adaptor fisik setelah virtualisasi. Adaptor STA selalu dalam sistem selama adaptor wireless fisik yang sesuai ada.    
2.      Sebuah AP (titik akses point)  adaptor digunakan oleh Hostedenetwork untuk menjadi Host SoftAP. Adaptor AP jalan pada sistem Windows hanya setelah Hostednetwork  dijalankan untuk pertama kali (ketika WlanHostedNetworkStartUsing, WlanHostedNetworkForceStart, atau fungsi WlanHostedNetworkInitSettings pertama kali disebut). Setelah dibuat, adaptor AP akan tetap dalam sistem sampai Jaringan Hosted nirkabel dinonaktifkan. Jika Jaringan Hosted nirkabel diaktifkan tidak lama kemudian, adaptor AP akan muncul dalam sistem lagi.
3.      Sebuah adaptor stasiun virtual (VSTA) untuk digunakan oleh vendor perangkat keras untuk memperluas kemampuan jaringan nirkabel Hosted pada Windows. Adaptor VSTA adalah opsional dan hanya dapat dibuat dalam sistem oleh layanan IHV yang sesuai. Berbeda dengan adaptor AP, adaptor VSTA ada dalam sistem Windows saja dari saat ketika layanan IHV menginisialisasi adaptor sampai ketika layanan IHV dihentikan adaptor.


Virtual Wi-Fi memetakan adapter logik untuk NDIS port. Menghubungkan STA, AP, dan adaptor VSTA ke port NDIS tertentu yang ditentukan oleh Windows. Adaptor STA selalu terhubung  ke Port 0. Adaptor AP terhubung ke port NDIS berikutnya yang tersedia bila virtualisasi dimulai, dan tetap terhubung sampai virtualisasi berakhir ketika Hosted Jaringan nirkabel dinonaktifkan. Adaptor VSTA terhubung ke port NDIS berikutnya yang tersedia ketika diinisialisasi oleh layanan IHV yang sesuai dan tetap terhubung sampai dihentikan oleh layanan IHV.

Hal ini dimungkinkan untuk adapter VSTA yang akan dibuat untuk digunakan oleh IHV tanpa membuat adaptor SoftAP.
Kombinasi berikut ini berlaku untuk adaptor fisik dengan virtualisasi:

    
STA adaptor.
    STA dan AP adapter.
    STA dan adapter VSTA.
    STA, AP, dan VSTA adapter.

Kecuali untuk adaptor STA, semua kombinasi lainnya hanya berlaku ketika Hosted Jaringan nirkabel diaktifkan. Adapun kasus STA adaptor tunggal, adalah adaptor fisik jika Jaringan Hosted nirkabel dinonaktifkan.

Layer 2 menjembatani pembatasan antara adaptor AP dan adapter lain dalam sistem. Pembatasan yang sama berlaku untuk adaptor VSTA ketika ada dalam sistem.

Fitur HostedNetwork wireless di Windows mengimplementasikan sebuah SoftAP. Namun, SoftAP ini tidak dirancang untuk menggantikan perangkat keras wireless berbasis perangkat AP. Secara khusus, jika Jaringan Hosted nirkabel berjalan saat komputer standby  (siaga), hibernate, atau sebelum komputer restart, Jaringan Hosted nirkabel akan dihentikan. Jaringan Hosted nirkabel tidak akan secara otomatis restart setelah komputer kembali standby, hibernasi, atau restart. Selain itu, SoftAP tidak menyediakan pemecahan DNS. Dalam kasus di mana DNS server eksternal tidak disediakan untuk menggunakan Internet Connection Sharing (lihat diskusi ICS di bawah), yang memenuhi syarat nama domain (FQDN) resolusi antara dua komputer atau perangkat yang terhubung dengan SoftAP, termasuk komputer hosting SoftAP yang , hanya akan bekerja jika kedua entitas menandai jenis jaringan SoftAP sebagai PRIVATE (HOME atau WORK dalam kategori jaringan pop-up). Sejak mesin hosting SoftAP menandai jenis jaringan SoftAP sebagai PRIVATE, hanya komputer atau perangkat terhubung ke SoftAP yang perlu menandai jenis jaringan SoftAP sebagai PRIVATE agar FQDN berfungsi.
Jaringan SoftAP dan ad hoc saling eksklusif pada adaptor fisik yang sama. Ketika  SoftAP aktif pada adaptor AP dan pengguna atau aplikasi mulai menjalankan  jaringan hoc pada adaptor STA, SoftAP akan ditutup. Jika  jaringan ad hoc berjalan pada adaptor STA, upaya untuk menjalankan SoftAP pada adaptor AP akan gagal.

Untuk memberikan perlindungan pada komunikasi nirkabel antara komputer hosting SoftAP dan perangkat terhubung ke SoftAP itu, Jaringan Hosted nirkabel mensyaratkan bahwa semua perangkat yang terhubung menggunakan WPA2-PSK/AES cipher. Key shering memiliki nilai 63-karakter yang dihasilkan oleh Windows ketika Jaringan Hosted nirkabel dipanggil untuk pertama kalinya (ketika WlanHostedNetworkStartUsing, WlanHostedNetworkForceStart, atau fungsi WlanHostedNetworkInitSettings pertama kali disebut). Seorang pengguna atau aplikasi tidak dapat mengubah nilai kunci ini bersama, namun aplikasi dapat meminta sistem operasi menganti kunci baru dengan memanggil fungsi WlanHostedNetworkRefreshSecuritySettings atau pengguna dapat meminta sistem operasi menganti key baru menggunakan perintah netsh wlan. Tombol ini bersama disebut primary key atau sistem untuk Hosted Network wireless dan persisten pada menjalankan dan menghentikan Hosted network wireless. Key utama disebut "Key sistem keamanan" dalam perintah netsh wlan.

Untuk memungkinkan penggunaan, Hosted Network wireless juga mendukung konsep key keamanan sekunder atau penggunaan yang lebih user-friendly, tapi bisa saja jadi kurang aman. Key sekunder disebut "Key kemanan pengguna" dalam perintah netsh wlan. Kunci sekunder tidak dibuat oleh Windows. Pengguna harus memberikan nilai untuk key ini. Seorang pengguna atau aplikasi dapat mengatur atau mengubah nilai key tersebut dengan memanggil fungsi WlanHostedNetworkSetSecondaryKey atau dengan menggunakan perintah netsh wlan. Key sekunder dapat ditetapkan menjadi persisten atau sementara. Untuk key sementara, jika Hosted Network wireless sudah berjalan, key sekunder akan berlaku sampai Hosted Network wireless dihentikan.



Ada satu key utama dan paling banyak satu key sekunder untuk Hosted Network nirkabel pada komputer manapun. Setiap perangkat ditetapkan melalui Wi-Fi Protected Setup (WPS) akan menerima primary key. Perangkat yang lain secara manual dikonfigurasi sehingga dapat menggunakan salah satu key. Setiap kali sebuah key yang berubah, perangkat dengan nilai key lama tidak akan dapat terhubung lagi ke Hosted Network. Namun, perangkat dengan key lainnya tidak berubah akan tetap dapat terhubung ke Hosted Network wireless.



Sebuah aplikasi dapat didaftarkan untuk HostedNetwork wireless, sehingga notification untuk WLAN akan dikirim ke aplikasi callback ketika propertisnya berubah di HostedNetwork wireles. Sebuah aplikasi didaftarkan pada notification wireless Hosted Network dengan memanggil WlanRegisterNotification dengan parameter dwNotifSource untuk menyertakan WLAN_NOTIFICATION_SOURCE_HNWK.

Windows menyediakan dua cara untuk IT administrator untuk mengelola fitur wireless HostedNetwork. Untuk komputer yang menjadi anggota sebuah domain, administrator dapat menggunakan group policy untuk tidak menjalankan wireless Hosted Network. Menggunakan perintah netsh wlan, administrator dapat mengaktifkan atau menonaktifkan wireless Hosted Network secara lokal pada komputer.

Kemampuan wireless HostedNetwork
Wireless Hosted network memungkinkan dua hal utama untuk komputer Windows:

       Kemampuan untuk menyediakan Area Network nirkabel Pribadi (nirkabel PAN) untuk digunakan dengan berbagai perangkat nirkabel lainnya.
       Koneksi berbagi jaringan untuk digunakan oleh komputer dan perangkat lain.

Contoh penggunaannya :
Buka Notepad (sebagai Admin)
Ketik;
Untuk membuat virtual Wifi

echo off
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NirkabelKu key=56789wifi
netsh wlan start hostednetwork

Untuk hapus atau uninstall virtual Wifi

echo off
netsh wlan stop hostednetwork "(menonaktifkan jaringan nirkabel)"
netsh wlan set hostednetwork mode=disallow ("hapus atau uninstall hostednetwork")


CATATAN:
  • Kita dapat membuatnya di Notepad atau kita ketik langsung di Command Prompt (cmd.exe) mode administrator.
  • Apabila wireless di laptop dinonaktifkan atau PC desktop di restart, maka virtual wifi akan mati dan anda harus mengaktifkannya kembali. Untuk mengaktifkannya anda dengan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NirkabelKu key=56789wifi lalu ketikkan command ini netsh wlan start hostednetwork dan untuk menonaktifkan secara manual anda ketikkan netsh wlan stop hostednetwork
  • Untuk mengganti nama NirkabelKu anda cukup ketikan di command prompt seperti ini netsh wlan set hostednetwork ssid=HotspotKu
  • Untuk mengganti password anda ketikan command seperti ini netsh wlan set hostednetwork key=123hotspot (Password harus lebih dari 6 digit)
Baca Juga :

Cara Mengakali perinter apabila cartridge hitan rusak 2

3 komentar:

  1. ne penjelasan saya tentang wirreles, tolong di kunjungi....
    http://jaketkuning.unsri.ac.id/harialgenovrafajri/blog/1562/

    BalasHapus
  2. antan, sama2 ane juga bar belajar...

    BalasHapus
  3. waduh satu kampus ya sama antan, berbagi info aja

    BalasHapus